Modul Belajar Sejarah KLS X Pertemuan 3 (Manusia sebagai Penggerak, Pelaku dan Saksi Sejarah & Sejarah dalam Dimensi Ruang dan Waktu)

Catatan Guru Merdeka
0


Pertemuan Keempat 

Alokasi waktu 2 JP (45 x2) 
Materi : Mengapa Perlu Ilmu Sejarah 

Pendahuluan 
• Guru dan peserta mengucapkan salam dan doa. 
• Guru dan peserta didik mempersiapkan pembelajaran. dan tugas-tugas tentang tokoh bersejarah. 
• Guru melakukan apersepsi, mengkaji ulang secara singkat manfaat belajar sejarah sebagai materi yang telah dipelajari sebelumnya 

Kegiatan Inti 
• Guru menjelaskan tentang peran manusia dalam sejarah sebagai penggerak, pelaku dan saksi sejarah. 
• Guru menjelaskan fokus kajian sejarah ketika menganalisis sejarah dalam dimensi waktu yang harus mencakup 1. Perkembangan; 2. Kesinambungan; 3. Pengulangan; dan 4. Perubahan.
• Guru menjelaskan petunjuk kerja dan tugas dari Lembar Aktivitas 3 dan 4 kepada peserta didik. 
• Peserta didik Identifikasi masalah manusia dalam sejarah berdasarkan Lembar Aktivitas 3. 
• Peserta didik Mengidentifikasi masalah mengenai dimensi waktu sebagai sesuatu yang memiliki makna sosial Lembar Aktivitas 4. 
mengelola informasi 
• peserta didik mengelola informasi berdasarkan sumber sejarah dan peristiwa bersejarah berdasarkan Aktivitas 3 dan 4 untuk mengerjakan tugas. 
• Peserta didik memilih dan mengorganisasikan informasi yang diperoleh dengan membaca dan menganalisis informasi dari Aktivitas 3 dan 4.
•Guru membimbing dan mengarahkan proses belajar peserta didik (kegiatan). 
• Guru memastikan peserta didik mengerjakan tugas dengan baik. 
Merencanakan dan Mengekspresikan Ide 
• Peserta didik menyusun laporan temuan mereka sesuai dengan petunjuk kerja di Lembar Aktivitas 3 dan 4. 
Refleksi Diri dan Aksi 
• Peserta didik mempresentasikan laporan dengan berbagai media. 
• Peserta didik menuliskan refleksi pembelajaran mengenai tauladan yang diperoleh dari tokoh bangsa yaitu Mohammad Hatta. 
• Peserta didik mencatat refleksi pembelajaran mengenai kaitan antara 1. Perkembangan; 2. Kesinambungan; 3. Pengulangan; dan 4. Perubahan dari sejarah trem di Surabaya. Pengulangan sejarah terkait  dengan kondisi transportasi umum yang terjadi pada masa lalu dengan kondisi transportasi umum yang terjadi pada masa sekarang. Mengapa terdapat seperti yang terjadi pada masa sekarang?
• Guru memandu kegiatan diskusi atau presentasi peserta didik.
• Guru memberikan
umpan balik /ulasan tentang presentasi peserta didik.
• Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan.
 

Penutup
• Guru memberikan penguatan tentang peran manusia dalam sejarah serta dimensi waktu dalam sejarah.
• Guru memotivasi peserta didik agar membaca materi yang ingin dipelajari di pertemuan selanjutnya.
• Doa.
• Penutup pembelajaran.

Media dan Sumber Belajar
• LCD proyektor, komputer, tayangan slide PowerPoint (ppt) yang telah disiapkan, dan media lain.
Sumber Belajar
• Buku Siswa IPS kelas X, buku sejarah lain yang relevan, internet, dan lain-lain 

Lembar Sejarah 3



LA Sejarah 4

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)