Modul Belajar Sejarah KLS X Pertemuan 2 (Peristiwa bersejarah)

Catatan Guru Merdeka
0


Pertemuan Kedua

Alokasi waktu 2 JP (45 x2)
Materi: Peristiwa bersejarah

Pendahuluan
  1. Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan doa.
  2. Guru dan peserta didik mempersiapkan pembelajaran sesuai kegiatan yang hendak dilakukan.
  3. Guru melakukan apersepsi, mengkaji ulang tentang ilmu sejarah, definisi dan konsep sejarah, serta sejarah ilmu sejarah sebagai materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
Kegiatan Inti
  1. Guru menjelaskan tentang petunjuk kerja dan tugas dari Lembar Aktivitas 1 mengenai peristiwa bersejarah peserta didik dan memberikan pijakan mengenai kegiatan belajar yang hendak dilakukan pada pertemuan ini. Misalnya, apabila peserta didik keberatan mempresentasikan sejarah pribadi di depan kelas, guru dan teman sekelas dapat memahaminya. Sebaliknya, bagi peserta didik yang bersedia mempresentasikan sejarah pribadi mereka, guru dan temannya melakukan apresiasi.  
  2. Peserta didik mengidentifikasi masalah mengenai: a. Empat peristiwa penting yang terjadi di kehidupan mereka. b. Penjelasan secara terperinci: apa peristiwanya? Di manakah peristiwa itu terjadi? Kapan peristiwa itu terjadi? Siapa saja yang terlibat? Tuliskan sumber sejarah yang dapat menjelaskan berbagai peristiwa penting tersebut. c. Peserta didik mencari dan mengumpulkan informasi sesuai tugas menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan.  d. Menggali makna dan nilai­nilai yang sesuai dengan Pancasila dariperistiwa yang ada  
  3. Mengelola Informasi a). Peserta didik mengelola informasi berdasarkan sumber sejarah yang mereka miliki untuk mengerjakan tugas. b). Peserta didik memilih dan mengorganisasikan informasi yang diperoleh. c). Guru membimbing dan mengarahkan proses belajar peserta didik (kegiatan belajar). d). Guru memastikan peserta didik mengerjakan tugas dengan baik. 
  4. Merencanakan dan Mengembangkan Ide. a). Peserta didik menyusun laporan temuan mereka dengan menggunakan berbagai media. b). Peserta didik membuat lini masa peristiwa bersejarah mereka.
  5. Refleksi Diri dan Aksi. 
  • Peserta didik mempresentasikan laporan dengan menggunakan berbagai media. 
  • Peserta didik menuliskan refleksi pembelajaran mengenai:- Hal baru yang telah mereka pelajari serta keterampilan yang telah mereka capai.-Hal menarik yang telah dipelajari selama proses kegiatan baik materi maupun proses investigasi mereka.Guru memandu kegiatan diskusi atau presentasi peserta didik.
  • Guru memandu kegiatan diskusi atau presentasi peserta didik.
  • Guru memberikan feedback/ulasan tentang presentasi siswa
  • Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan
  • Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan.
Penutup
  1. Guru memberikan penguatan belajar kepada peserta didik agar membaca materi yang hendak dipelajari di pertemuan selanjutnya
  2. Doa.
  3. Penutup pembelajaran.

Media dan Sumber Belajar
• LCD Proyektor, komputer, tayangan slide PowerPoint (ppt) yang telah disiapkan dan media lain.
Sumber Belajar
• Buku Siswa IPS kelas X, buku sejarah lain yang relevan, internet, dan lain-­lain 


Lembar aktifitas 1

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)