Modul Belajar Ekonomi KLS X Pertemuan 3 (Skala Prioritas dan Literasi Keuangan )

Catatan Guru Merdeka
0

Pertemuan Ketiga


Alokasi waktu 
2 JP (45 x2)
Materi: Skala Prioritas dan Literasi Keuangan

Pendahuluan

  1. Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan doa.
  2. Guru dan peserta didik mempersiapkan pembelajaran.
  3. Guru melakukan apersepsi mengenai mengapa harus bertindak ekonomis yang berbeda dengan kikir (pelit).  
Kegiatan Inti
  1. Guru menjelaskan tentang prinsip, motif dan tindakan ekonomi. Materi ini pernah dipelajari di jenjang sebelumnya.
  2. Guru menjelaskan tentang literasi keuangan dan manfaatnya secara singkat.
  3. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan.
  4. Guru menjelaskan tentang tugas yang akan dikerjakan. sesuai dengan petunjuk di Lembar Aktivitas 3 mengenai mengelola keuangan efektif.
  5. Guru memastikan peserta didik memahami tugas yang akan dikerjakan..
  6. Memberikan penugasan yang diberikan kepada peserta didik berdasarkan Lembar Aktivitas 3 atau guru dapat membuat aktivitas lain yang menyesuaikan dengan konteks siswa dan lingkungan sekolah dengan kegiatan belajar yang serupa
  7. Tugas dikerjakan secara mandiri.  
  8. Mengidentifikasi Masalah: a). Peserta didik mengindetifikasi masalah yang terkait dengan pengelolaan keuangan.  
  9. Mengumpulkan Informasi: a). Peserta didik mencari informasi tentang pengelolaan keuangan agar efektif dan mengerjakan tugas sesuai dengan petunjuk di Lembar Aktivitas 3.
  10. Mengelola Informasi: a). Peserta didik memilih dan mengorganisasikan informasi yang diperoleh terkait dengan pengelolaan keuangan. b). Guru membimbing dan mengarahkan proses belajar peserta didik agar menyelesaikan sesuai dengan waktu yang telah disepakati. c). Guru mendorong peserta didik untuk menghitung dan menimbang setiap keputusan dalam mengelola keuangan. d). Guru memastikan peserta didik mengerjakan tugas dengan baik.
  11. Merencanakan dan Mengembangkan Ide: a). Peserta didik menyusun laporan temuan mereka dengan menggunakan berbagai media, sesuai dengan tugas pada Lembar Aktivitas 3.  
  12. Refleksi Diri dan Aksi
  • Peserta didik mempresentasikan laporan tentang mengelola keuangan secara efektif.
  • Guru memandu diskusi kelas dan menjelaskan tentang pentingnya mengelola keuangan dan melakukan tindakan ekonomi.
  • Guru menjelaskan dan memberikan tanggapan (feedback) dari kegiatan diskusi terutama yang bagaimana mengelola uang secara efektif.
  • Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan.
  • Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan.  

Penutup

  1. Guru memberikan penguatan belajar kepada peserta didik agar membaca materi yang hendak dipelajari di pertemuan selanjutnya.
  2. Guru memberikan penugasan dengan pertanyaan kepada peserta didik sebagai stimulus peserta didik agar menyiapkan materi untuk pembelajaran selanjutnya. 
  3. Doa.
  4. Penutup pembelajaran. 

Media dan Sumber Belajar
• LCD proyektor, komputer, tayangan slide PowerPoint (ppt), video pembelajaran yang telah disiapkan, dan media lain.
Sumber Belajar:
• Buku Siswa IPS kelas X, buku ekonomi lain yang relevan, internet, dan lain­-lain. 



Tags

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)