Modul Belajar Sejarah KLS X Pertemuan 1 (Persiapan dan Kontak Belajar )

Catatan Guru Merdeka
0

Pertemuan Pertama 

Alokasi waktu 2 JP (45 x2)
Materi: Persiapan dan Kontak Belajar

Pendahuluan
  1. Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan doa sebagai bentuk syukur telah diberikan kesehatan dan kesempatan untuk belajar.
  2. Guru dan peserta didik mempersiapkan pembelajaran sehingga siap belajar. Terkait dengan hal ini, guru dan peserta didik dapat membuat kesepakatan untuk menjaga lingkungan belajar yang kondusif. Sebaiknya kegiatan ini dilakukan melalui diskusi kelas dengan membuat rencana aksi bersama.
  3. Guru dan peserta didik membuat kontrak belajar sebagai kesepakatan untuk membangun budaya belajar kondusif dan kolaboratif. Kontrak belajar hendaknya disajikan dalam bentuk poster atau tulisan yang dipajang di kelas serta ditulis oleh peserta didik di buku tulis sebagai pengingat agar masing­masing pihak senantiasa menjalankan kontrak belajar dengan baik. contoh kontrak belajar dapat dilihat pada gambar dibawah ini

Pertemuan pertama mata pelajaran sejarah Indonesia, guru melakukan apersepsi, mengingatkan kembali topik­topik sejarah yang pernah dipelajari oleh peserta didik, guru mendorong dan menstimulus dengan
berbagai pertanyaan kepada peserta didik tentang berbagai peristiwa bersejarah dan tokoh sejarah. Guru dapat melakukan melalui diskusi kelas dan menggunakan berbagai media belajar, misalnya menyajikan
film dokumenter, presentasi, bacaan dan lain sebagainya.  

Kegiatan Inti
  1. Guru menjelaskan tentang sejarah dan perkembangan ilmu sejarah secara singkat termasuk peristiwa bersejarah yang dipelajari dalam sejarah.
  2. Guru menanyakan ke siswa tentang konsep sejarah. Guru mendorong siswa menyampaikan konsep sejarah sesuai dengan bahasa peserta didik. Hal ini dilakukan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang konsep sejarah, ilmu sejarah, peristiwa bersejarah, tokoh sejarah dan lain­lain (memahami pengetahuan awal/ prerequisite knowledge).
  3. Guru memandu siswa menuliskan atau menyampaikan pendapat mereka tentang konsep sejarah. Tahap ini penting untuk memahami miskonsepsi tentang pemahaman siswa akan kajian ilmu sejarah.
  4. Guru memandu siswa bahwa belajar ilmu sejarah sangat dekat dan relevan dengan kehidupan manusia, bahwa masa lalu selalu aktual.
  5. Guru menjelaskan tentang materi ilmu sejarah yang hendak dipelajari beberapa pertemuan ke depan.
  6. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan
Penutup
  1. Guru memberikan penguatan belajar ke siswa agar membaca materi yang hendak dipelajari di pertemuan selanjutnya.
  2. Doa.
  3. Penutup pembelajaran.  
Media dan Sumber Belajar
• LCD Proyektor, komputer serta tayangan slide PowerPoint (ppt), video
pembelajaran, dan media lain yang telah disiapkan.
Sumber Belajar
• Buku Siswa IPS kelas X, buku sejarah lain yang relevan, internet, dan
lain­lain.
  

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)