Pertemuan Keempat
Alokasi waktu 2 JP (45 x2)
Materi : Pembagian Ilmu Ekonomi
Pendahuluan
• Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan doa.
• Guru dan peserta didik mempersiapkan pembelajaran.
• Guru melakukan apersepsi mengenai pembagian ilmu ekonomi sebagai upaya untuk membantu analisis masalah pokok ekonomi.
Kegiatan Inti
• Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan doa.
• Guru dan peserta didik mempersiapkan pembelajaran.
• Guru melakukan apersepsi mengenai pembagian ilmu ekonomi sebagai upaya untuk membantu analisis masalah pokok ekonomi.
• Guru menjelaskan penugasan yang hendak diberikan kepada peserta didik.
• Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan.
• Guru memastikan peserta didik memahami tugas yang akan dikerjakan.
• Tugas dikerjakan secara berpasangan dan memilih satu topik mengenai pembagian ilmu ekonomi.
• Mencari dan laporan mengenai klasifikasi ilmu ekonomi yaitu: ilmu ekonomi deskriptif, ilmu ekonomi teori (ekonomi makro, mikro dan ekonomi syariah) dan ilmu ekonomi terapan.
• Penjelasan mengenai pembagian ilmu ekonomi (5W + 1H) beserta contohnya.
• Laporan tugas dapat berupa poster, ringkasan, dan lain sebagainya.
Mengidentifikasi Masalah
• Peserta didik mengindetifikasi masalah yang terkait dengan salah satu topik pembagian ilmu ekonomi.
Mengumpulkan Informasi
• Peserta didik mencari informasi tentang salah satu topik pembagian ilmu ekonomi.
Mengelola Informasi
• Peserta didik memilih dan mengorganisasikan informasi yang diperoleh. terkait dengan salah satu topik pembagian ilmu ekonomi.
• Guru membimbing dan mengarahkan proses belajar peserta didik agar menyelesaikan sesuai dengan waktu yang telah disepakati.
• Guru memastikan peserta didik mengerjakan tugas dengan baik.
Merencanakan dan Mengembangkan Ide
• Peserta didik menyusun laporan temuan mereka dengan menggunakan berbagai media, sesuai dengan tugas.
Refleksi Diri dan Aksi
• Peserta didik mempresentasikan laporan tentang pembagian ilmu ekonomi.
• Guru memandu diskusi kelas dan menjelaskan tentang salah satu topik pembagian ilmu ekonomi.
• Guru menjelaskan dan memberikan tanggapan dari kegiatan diskusi terutama kelebihan dan kekurangan masing-masing pembagian ilmu ekonomi,
• Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan.
Penutup
• Guru memberikan penguatan kepada peserta didik agar membaca materi yang ingin dipelajari di pertemuan selanjutnya.
• Doa.
• Penutup pembelajaran.
Media dan Sumber Belajar
• LCD proyektor, komputer, tayangan slide PowerPoint (ppt), video pembelajaran yang telah disiapkan, dan media lain.
Sumber Belajar:
• Buku Siswa IPS kelas X, buku ekonomi lain yang relevan, internet, dan lain-lain.