Pertemuan Pertama
Alokasi waktu: 2 JP (45 x2)
Materi: Meninjau Topik Ekonomi dan Pengenalan Ilmu Ekonomi
Materi: Meninjau Topik Ekonomi dan Pengenalan Ilmu Ekonomi
Pendahuluan
- Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan doa.
- Guru dan peserta didik mempersiapkan pembelajaran.
- Guru dan peserta didik membuat kontrak belajar sebagai kesepakatan untuk membangun kultur belajar kondusif dan kolaboratif. contoh kontrak belajar seperti pada gambar dibawah ini
- Pertemuan pertama mata pelajaran ekonomi, guru apersepsi, mereview topikÂtopik ekonomi yang pernah dipelajari oleh peserta didik, mendorong dan menstimulus berbagai pertanyaan kepada peserta didik tentang berbagai masalah ekonomi terutama isuÂisu aktual.
- Guru dapat menggunakan berbagai sumber dan media belajar, misalnya film dokumenter tentang usaha manusia mememenuhi kebutuhan.
- Guru dapat menggunakan berbagai sumber dan media belajar, misalnya film dokumenter tentang usaha manusia mememenuhi kebutuhan.
Kegiatan Inti
Penutup- Guru menjelaskan tentang ilmu ekonomi secara singkat mengenai sejarah dan perkembangannya sebagai ilmu dan topikÂtopik yang dipelajari dalam ekonomi.
- Guru menanyakan kepada peserta didik tentang mahluk ekonomi.
- Guru mendorong peserta didik meredefinisi tentang konsep ilmu ekonomi sesuai dengan bahasa peserta didik. Hal ini dilakukan untuk mengetahui pemahaman peserta didik tentang konsep ekonomi (memahami pengetahuan awal/ prerequisite knowledge)
- Guru memandu peserta didik menuliskan atau menyampaikan pendapat mereka tentang ilmu ekonomi dan upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup sementara alat pemuasnya terbatas.Tahap ini penting untuk memahami miskonsepsi tentang pemahaman peserta didik akan ilmu ekonomi.
- Guru memandu peserta didik bahwa belajar ekonomi sangat dekat dengan kehidupan sehariÂhari.
- Guru menjelaskan tentang topik ekonomi yang hendak dipelajari selama beberapa bulan ke depan.
- Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan.
- Guru memberikan penguatan belajar kepada peserta didik agar
- membaca materi yang hendak dipelajari di pertemuan selanjutnya.
- Guru memantik pertanyaan yang hendaknya akan dijawab oleh peserta
- didik di pertemuan selanjutnya.
- Doa.
- Penutup pembelajaran.