Modul Belajar Sejarah KLS X Pertemuan 3 (Mengapa Perlu Mempelajari Ilmu Sejarah)

Catatan Guru Merdeka
2 minute read
0

Pertemuan Ketiga


Alokasi waktu 2 JP (45 x2)
Materi: Mengapa Perlu Mempelajari Ilmu Sejarah

Pendahuluan
  1. Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan doa.
  2. Guru dan peserta didik mempersiapkan pembelajaran.
  3. Guru melakukan apersepsi, mengkaji ulang mengenai peristiwa bersejarah peserta didik sebagai materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. Selain itu, guru menanyakan kepada peserta didik tentang manfaat mereka memahami sejarah mereka sendiri.
Kegiatan Inti
  1. Guru menjelaskan tentang petunjuk kerja dan tugas dari Lembar Aktivitas 2 mengenai manfaat belajar sejarah kepada peserta didik dan memberikan pijakan mengenai kegiatan belajar yang hendak dilakukan pada pertemuan ini. Misalnya, memberikan contoh suatu peristiwa bersejarah atau dari tokoh sejarah serta mengaitkan dengan manfaat dari mempelajari peristiwa yang terjadi pada masa lampau.  
  2. Peserta didik mengidentifikasi masalah mengenai manfaat belajar sejarah berdasarkan Lembar Aktivitas 2.
  3. Mengelola Informasi: a) Peserta didik mengelola informasi berdasarkan sumber sejarah dan peristiwa bersejarah berdasarkan Lembar Aktivitas 2. b). Peserta didik memilih dan mengorganisasikan informasi yang diperoleh dengan membaca dan menganalisis informasi dari Lembar Aktivitas 2. c). Guru membimbing dan mengarahkan proses belajar peserta didik (kegiatan belajar). d). Guru memastikan peserta didik mengerjakan tugas dengan baik.
  4. Merencanakan dan Mengembangkan Ide: a). Peserta didik menyusun laporan temuan mereka sesuai dengan petunjuk kerja di Lembar Aktivitas 2.
  5. Refleksi Diri dan Aksi
  • Peserta didik mempresentasikan laporan dengan menggunakan berbagai media.
  • Peserta didik menuliskan refleksi pembelajaran mengenai manfaat dan pentingnya belajar sejarah.
  • Guru memandu kegiatan diskusi atau presentasi peserta didik
  • Guru memberikan feedback/ulasan tentang presentasi siswa
  • Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan.
Penutup
  1. Guru memberikan penguatan bahwa belajar sejarah memiliki beragam manfaat, salah satunya ilmu sejarah akan memandu peserta didik memahami identitas dirinya, baik pribadi maupun kolektif (sebagai bagian dari suatu kelompok masyarakat dan bangsa) agar kesalahan yang terjadi pada masa lampau tidak terulang pada masa kini dan mendatang.  
  2. Guru memotivasi peserta didik agar membaca materi yang hendak dipelajari di pertemuan selanjutnya.
  3. Doa.
  4. Penutup pembelajaran.
Media dan Sumber Belajar
• LCD proyektor, komputer, tayangan slide PowerPoint (ppt) yang telah disiapkan, dan media lain.
Sumber Belajar
• Buku Siswa IPS kelas X, buku sejarah lain yang relevan, internet, dan lain­- lain.




Tags

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)
June 1, 2025