Modul Belajar Ekonomi KLS X Pertemuan 2 (Kebutuhan Manusia dan Kelangkaan Sumber Daya)

Catatan Guru Merdeka
2 minute read
0


Pertemuan Kedua

Alokasi waktu: 2 JP (45 x2)
Materi: Meninjau Topik Ekonomi dan Pengenalan Ilmu Ekonomi

Pendahuluan
  1. Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan doa.
  2. Guru dan peserta didik mempersiapkan pembelajaran.
  3. Guru melakukan apersepsi mengenai kebutuhan dan keinginan.
Kegiatan Inti
  1. Guru menjelaskan tentang beragamnya kebutuhan dan keinginan manusia. Sementara, alat pemuasnya terbatas secara singkat dengan memberi contoh hal­hal yang biasa dilakukan oleh peserta didik. Materi ini pernah dipelajari di jenjang sebelumnya.
  2. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan.
  3. Guru menjelaskan tentang tugas yang akan dikerjakan sesuai dengan petunjuk di Lembar Aktivitas 1 dan 2 mengenai kebutuhan atau keinginan serta kelangkaan sumber daya.
  4. Guru memastikan peserta didik memahami tugas yang akan dikerjakan.   Contoh penugasan yang diberikan kepada peserta didik: - Berdasarkan Lembar Aktivitas 1 dan 2, -Tugas dikerjakan secara mandiri.
  5. Mengidentifikasi Masalah: - Peserta didik mengindetifikasi masalah yang terkait dengan kebutuhan atau keinginan mereka, serta kelangkaan sumber daya yang terkait dengan kebutuhan pangan atau keinginan mereka, serta kelangkaan sumber daya yang terkait dengan kebutuhan pangan.
  6. Mengumpulkan Informasi: a). Peserta didik mencari informasi tentang kebutuhan atau keinginan mereka dan kelangkaan sumber daya. b). Peserta didik mengerjakan tugas sesuai dengan petunjuk di Lembar Aktivitas 1 dan 2.
  7. Mengelola Informasi: a)Peserta didik memilih dan mengorganisasikan informasi yang diperoleh terkait dengan kebutuhan dan keinginan serta alasan mereka dalam merancang skala prioritas. b) Peserta didik mengorganisasi informasi yang terkait dengan kelangkaan sumber daya dan masalah pangan. c) Guru membimbing dan mengarahkan proses belajar peserta didik agar menyelesaikan sesuai dengan waktu yang telah disepakati. d). Guru memastikan peserta didik mengerjakan tugas dengan baik.
  8. Merencanakan dan Mengembangkan Ide: a) Peserta didik menyusun laporan temuan mereka dengan menggunakan berbagai media, sesuai dengan tugas pada Lembar Aktivitas 1 dan 2.
  9. Refleksi Diri dan Aksi: 
  • Peserta didik mempresentasikan laporan tentang proritas kebutuhan, keinginan mereka serta alasannya, perbedaan dari kebutuhan dan keinginan serta alasan pengambilan keputusan terkait dengan kebutuhan dan keinginan. 
  • Peserta didik mempresentasikan laporan yang terkait dengan Lembar Aktivitas 2, studi kasus tentang kelangkaan pangan. keinginan mereka serta alasannya, perbedaan dari kebutuhan dan keinginan serta alasan pengambilan keputusan terkait dengan kebutuhan dan keinginan.
  • Peserta didik mempresentasikan laporan yang terkait dengan Lembar Aktivitas 2, studi kasus tentang kelangkaan pangan.
  • Guru memandu diskusi kelas dan menjelaskan tentang pentingnya menyusun prioritas dalam pengambilan keputusan antara kebutuhan dan keinginan.
  • Guru memandu diskusi kelas dan menjelaskan betapa pentingnya mengelola sumber daya terutama yang terkait dengan pangan.
  • Guru menjelaskan dan memberikan tanggapan (feedback) dari kegiatan diskusi terutama yang terkait dengan mengapa harus menentukan skala prioritas dan mengatasi masalah kelangkaan pangan.
  • Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan diskusi terutama yang terkait dengan mengapa harus menentukan skala prioritas dan mengatasi masalah kelangkaan pangan.
  • Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan.
Penutup
  1. Guru memberikan penguatan dan motivasi belajar kepada peserta didik agar membaca materi yang hendak dipelajari di pertemuan selanjutnya
  2. Doa.
  3. Penutup pembelajaran.  
Media dan Sumber Belajar
• LCD proyektor, komputer, tayangan slide PowerPoint (ppt), video
pembelajaran yang telah disiapkan, dan media lain.
Sumber Belajar:
• Buku Siswa IPS kelas X, buku ekonomi lain yang relevan, internet, dan
lain­lain.
 

Lembar aktivitas 1


Lembar aktivitas 2

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)
July 9, 2025