Sebelum melaksanakan proyek penguatan profil pelajar Pancasila, sekolah hendaknya mengidentifikasi terlebih dahulu sejauh mana tingkat kesiapannya.
Tingkat kesiapan sekolah dibagi menjadi 3 kategori yakni tahap awal, tahap berkembang dan tahap lanjutan dengan ciri-cirinya yakni sebagai berikut.
1. Tahap awal
- Satuan pendidikan belum memiliki sistem dalam mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran berbasis projek
- Konsep pembelajaran berbasis projek baru diketahui pendidik.
- Satuan Pendidikan menjalankan projek secara internal (tidak melibatkan pihak luar)
- Satuan Pendidikan sudah memiliki system untuk menjalankan pembelajaran berbasis projek.
- Konsep pembelajaran berbasis projek sudah dipahami Sebagian pendidik.
- Satuan pendidikan mulai melibatkan pihak di luar satuan pendidikan
untuk membantu salah satu aktivitas projek
- Pembelajaran berbasis projek sudah menjadi kebiasaan satuan pendidikan
- Konsep pembelajaran berbasis projek sudah dipahami semua pendidik.
- Satuan pendidikan sudah menjalin Kerjasama dengan pihak mitra di luar satuan Pendidikan agar dampak projek dapat diperluas secara berkelanjutan